Tips memancing ikan betok/papuyu yàng ampuh

Papuyu atau Betok adalah ikan yang susah susah gampang memancingnya. Kali ini saya akan berbagi tips memancing ikan betok/ papuyu yang efektif.
Meskipun buas, betok adalah ikan pemalu. Sering bersembunyi diantara rumput, dibawah daun teratai, dan ditempat tertutup lainnya. Ikan ini juga berbeda warna dan perilakunya berdasarkan lokasi hidupnya.
Betok yang hidup di air payau biasanya berwarna gelap, tinggi, dan lebih pendiam. Ikan ini hidup di air berarus lambat atau kadang tidak berarus/air diam. Banyak terdapat di daerah sekitar laut, di rawa gambut, dll.
Ada juga betok yang hidup di air mengalir/ sungai berarus dengan kadar fresh dan tidak berwarna kehitaman. Ikan ini berwarna macam macam. Mulai dari kuning tanah, abu abu kehijauan, dan yang banyak berwarna biru samar.
Penggunaan Umpan
Umpan favorit memancing betok tidak selalu sama untuk setiap lokasi. Umpan yang efektif di satu lokasi bisa jadi tidak mempan di lokasi lain.
Umpan yang paling populer untuk ikan ini adalah ulat bambu(bumbung), Telur/anak serangga, dan beberapa jenis kepompong muda dari tawon, ulat pisang, dsb. Cacing tanah juga biasa dipakai sebagai umpan andalan beberapa orang.
Titik Spot
Ikan betok hampir selalu berkeliaran ditempat yang ada tanamannya. Meskipun ada juga yang nyasar di tempat polos, biasanya mereka hanya sambil mencari habitat lain yang subur.
Saat memancing betok, carilah spot yang banyak rumput atau tanaman teratainya. Ikan ini sangat menyukai tempat tempat tersebut. Pokoknya tempat tempat yang teduh dan tidak panas.
Waktu Memancing
Ini yang paling penting. Betok biasanya agresif di pagi dan sore hari jika anda memancing di tempat terbuka, tetapi betok akan sangat agresif antara pagi sampai tengah hari jika anda memancing di tempat yang sangat terlindung pepohonan.
Bagaimanapun, lokasi juga mempengaruhi. Namun pada umumnya, betok menyukai tempat teduh.
Cuaca
Ikan ini lebih sering terlihat mudah dipancing ketika cuaca cerah atau mendung. Sedangkan saat gerimis atau hujan, ikan ini jadi malas makan umpan.
Saat ada suara petir, ikan ini biasanya tidak bernafsu makan.
Mata pancing dan senar
Memancing betok biasanya menggunakan mata kail kecil dari ukuran 5 sampai 12. Tergantung dari ukuran rata rata ikan yang dipancing.
Untuk senar biasanya menggunakan fillament/nylon bening size kecil. Sebaiknya gunakan nilon yang agak kuat karena betok sering membawa pancing melilit ke semak semak, rumput, dan akar pohon.
Demikian tips yang bisa saya berikan. Tips ini berdasarkan pengalaman yang selama ini saya praktekkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *