Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia sudah berubah atau mengalamai evolusi menjadi dunia online berbasis teknologi. Semua hal dijadikan online mulai dari beli barang online, antar jemput online, ngobrol online lewat chat bahkan sampai konser musik juga bisa online dan lain sebagainya. Biasanya layanan-layanan online berbasis teknologi ini disebut juga dengan istilah startup. Bisnis kesehatan juga tidak luput dari perubahan tersebut, sekarang ada layanan startup konsultasi dengan dokter secara online, konsultasi masalah kesehatan umum seperti gizi dan lain sebagainya juga bisa dilakukan secara online. Tidak ketinggalan dunia farmasi juga ikut berubah dengan lahirnya berbagai macam fasiltas kefarmasian yang bergerak dengan sistem online dalam bentuk startup.

Layanan Apotek Online

Layanan kefarmasian dalam bentuk startup online ini biasa disebut dengan istilah apotek online. Apotek online adalah juga merupakan apotek biasa yang mempunyai satu atau beberapa toko fisik. Toko fisik ini menyediakan layanan kefarmasian seperti biasa secara offline seperti konsultasi apoteker, beli obat, tebus resep dan lain sebagainya. Apotek online juga harus mempunyai izin sebab semua layanan kefarmasian harus memenuhi persyaratan tertentu apabila ingin beroperasi. Izin apotek online sebanarnya sama dengan izin apotek biasa, sebab apotek online hanya istilah untuk suatu apotek biasa yang menyediakan jalur pembelian secara online. Syarat izin suatu apotek biasanya adalah tempat atau ruko yang memadai untuk mendirikan suatu fasilitas kefarmasian, adanya tenaga ahli apoteker yang dibantu oleh asisten apoteker, denah bagian dalam apotek yang harus memenuhi kriteria tertentu dan berbagai syarat administrasi lainnya. Apotek online yang sebenarnya juga merupakan suatu apotek biasa juga harus memenuhi syarat-syarat tersebut.

Apotek online harus mempunyai teknologi atau platform untuk menunjang operasional mereka secara online. Bentuk platform atau teknologi ini bisa dalam bentuk website atau aplikasi mobile. Platform ini harus dikembangkan baik secara mandiri ataupun bisa juga menggunakan platfrom pihak ketiga yang sudah beroperasi.

Selain platform, suatu apotek online juga harus mempunyai jalur marketing sendiri. Sebab marketing melalui media online tentu berbeda dengan marketing secara offline. Marketing online ini biasa juga disebut dengan istilah internet marketing.

Berbagai Jenis Apotek Online

Bentuk operasi dari startup apotek online juga berbeda-beda. Bentuk pertama adalah dengan memakai bantuan marketplace. Mungkin ini tidak bisa disebut dengan istilah startup karena apotek online jenis ini hanya menumpang beroperasi dengan menggunakan startup marketplace. Contoh bentuk ini adalah apotek-apotek yang ikut berjualan melalui marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak dan lain sebagainya.

Bentuk lain dari startup apotek online adalah layanan terpadu dalam satu platform. Layanan terpadu ini sudah mempunyai semua layanan yang biasa dilakukan oleh suatu apotek tapi dioperasikan secara online. Contoh bentuk ini adalah layanan apotek online apotek24jam.id. Startup apotek24jam.id adalah layanan terpadu dalam bentuk website yang menyediakan konsultasi dengan apoteker secara online, pembelian obat secara online, tebus resep secara online dan juga informasi obat yang dapat dibaca khalayak umum secara online juga. Semua layanan yang disediakan oleh apotek24jam.id adalah layaknya layanan suatu apotek tapi dapat dilakukan secara online.

Bentuk terakhir adalah startup apotek online yang menyediakan platform bagi apotek-apotek lain untuk beroperasi secara online. Startup kefarmasian jenis ini kadang tidak mempunyai bentuk apotek fisik tapi bekerja sama dengan beberapa apotek. Apotek-apotek yang bergabung dengan platform ini dapat melakukan operasi layaknya suatu apotek secara online. Keuntungan bagi apotek yang bergabung dengan platform ini adalah mereka tidak perlu mengeluarkan biaya dan waktu untuk mengembangkan platform sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *