Review dan Spesifikasi Joran Pioneer EVO

Jika selama ini kami banyak membahas Joran dua bagian (2 section), maka kali ini kami akan mengulas Review dan Spesifikasi Joran Pioneer EVO yang memiliki 1 section alias joran tanpa sambungan (One Piece).

Review Pioneer EVO
review Pioneer EVO

Pioneer banyak memproduksi produk terjangkau terutama untuk pasar asia. Meskipun harga yang ditawarkan tidak se-ngawur produsen lain, namun di beberapa produk, harga yang ditawarkan tergolong murah.

Pioneer EVO memiliki desain yang sebenarnya agak kaku, namun fisik sticknya sangat lentur ketika dipakai memancing. Meskipun carbon memiliki tingkat kekuatan yang lebih tinggi daripada fiber, namun stick yang terlalu lentur sering bikin khawatir.


Rupanya Pioneer mengerti betul kondisi ini. Saat peluncuran EVO, Iklan yang ditampilkan cukup meyakinkan. Seorang model cantik memperagakan memancing ikan besar dan beberapa kali joran tersebut di injak injak, bahkan ditekuk dengan kondisi ekstrim. Tidak terjadi kerusakan. Sungguh produk yang sangat menarik.

Bahan, Desain, dan Build

EVO memilih material carbon sebagai bahan dasarnya karena terkenal ringan, kuat, dan memiliki kharisma kuat. apalagi EVO merupakan joran jenis Ultra Light (UL) maka material ringan wajib dipilih.

Desain reel seat nya lumayan unik. Jika produsen lain memilih untuk mendesain seat nya se aerodinamis mungkin, EVO justru mendesainnya mirip spool pada sebuah reel.
Kualitas yang dihasilkan kalau menurut saya sangat baik. paling tidak jika dibandingkan dengan joran Kenzi Torzite 1502  yang telah kami bahas sebelumnya. Tidak ada resin yang meleleh berlebihan, maupun penempatan ring guide yang miring.


EVO meletakkan sticker merk yang cukup besar di neck nya. Warna yang kontras membuatnya jadi menarik. untuk butt (bottom) nya didesain tidak jauh berbeda dengan joran lainnya.
Ring guide yang terpasang sebanyak tujuh buah dengan kualitas yang terlihat cukup baik.

Kelebihan, Kekurangan, dan Harga

Selama sebuah joran berbahan dasar Carbon, maka joran tersebut akan lebih ringan dan kuat. Ini adalah salah satu kelebihan Pioneer EVO. Harga yang ditawarkan juga lumayan terjangkau untuk produk ber “iklan” dari merk ternama.
Pemilihan warna yang pas dengan desain yang unik ditambah promosi yang menarik semakin membuat produk ini layak dibeli. Kami merekomendasikan untuk memnggunakan joran ini ketika memancing di kolam pemancingan, tambak, maupun di sungai sungai yang tidak terlalu besar ikannya.

Memancing ikan dibawah 3 Kg akan sangat mudah dan seru menggunakan  stick ini, namun ketika menggunakan mancing dilaut dengan ikan diatas 5 Kg, reaksi joran yang lentur ini akan kurang enak dilihat.


Kekurangan joran ini (jika bisa dikatakan demikian) menurut kami adalah Ring guide. Seandainya pioneer menempatkan ring fuji meskipun menambah sedikit harga nya, tentu produk ini akan sangat diburu. Desain UL yang terlalu ramping dan lentur juga kadang terkesan lebay. Menarik ikan sebesar telapak tangan terlihat seperti sedang bertarung dengan ikan 10 kg.

BTW, Joran dengan kisaran Harga Rp. 620.000,- Hingga Rp. 800.000, memiliki desain 1 Piece. artinya tidak ada sambungan. Anda harus memperhatikan tujuan lokasi memancing sebelum memutuskan membawa joran ini atau tidak.

Salam Strike 🙂

Desain - 8.8
Bahan - 7.8
Komponen - 3.8
Finishing - 7.2
Harga - 7.1

6.9

User Rating: 3.95 ( 1 votes)

Check Also

Review Kenzi Torzite 1502

Review dan Spesifikasi Zenith 2000, Reel Mini dengan kekuatan Maxi

One comment

  1. Evo jauh lebih lentur dari kelihatannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *