Daido kembali menawarkan sebuah joran Jigging spinning yang cukup bagus dikelas light to mid. Joran Daido Poseidon ini kami dapatkan bersama Joran Kyoto Blast Jigger (Bisa Baca Reviewnya di sini) yang juga joran jigging.

Review dan Spesifikasi Daido Poseidon Turnament Jigging Review dan Spesifikasi Daido Poseidon Turnament Jigging

Spesifikasi Daido Poseidon

Poseidon menggunakan Carbon composite sebagai bahan utama batangan sticknya. Selain untuk mendapatkan bobot yang ringan, bahan carbon yang digunakan daido juga menjadikan joran ini menjadi lebih kuat dan rigid. Pengguna yang menyukai jenis fast tapper tentu akan suka pula pada joran ini.

Pada section Handle daido memberikan desain yang cukup manis, terutama untuk bagian gripnya, baik grip pada reelseat maupun pada buttnya. Warna hitam dengan motif militer belang belang coklat benar benar bikin keren. Tambahan ring ring berwarna biru pada beberapa bagian menjadi pemanis yang bikin adem di mata. untuk warna sendiri, kami kurang tau apakah tersedia dalam warna lain atau tidak, namun menurut kami, pemilihan warna hitam yang kalem plus aksen biru dengan dekorasi text berwarna perak sudah membuat joran ini terlihat keren.

Spesifikasi Daido Poseidon Turnament Spesifikasi Daido Poseidon Turnament

Reelseat pada joran ini sudah menggunakan komponen dari Fuji yang tentunya sudah cukup meyakinkan untuk pengguna. Sayangnya pada unit yang kami dapatkan ini, Komponen Fuji hanya untuk bagian reelseat, sedangkan pada Guide menggunakan komponen proprietary yang meskipun terlihat cukup tebal namun cukup membuat kami sedikit berkata “sayang sekali ya”.

Spesifikasi Daido Poseidon TurnamentSpesifikasi Daido Poseidon Turnament
Menurut spesifikasinya, Daido Poseidon yang kami terima ini memiliki rating PE 2 – 4 dengan maksimal beban drag sebesar 10Kg. Beban lure yang disarankan maksimal 200gram. Tentu kita tidak perlu 100 persen ikut atau percaya pada rating tersebut. Tim kami bahkan tidak ada yang memakai umpan lure diatas 100gr.

Spesifikasi Daido Poseidon Turnament
Spesifikasi Daido Poseidon Turnament

Review Daido Poseidon Turnament

Kami beberapa kali menggunakan joran ini untuk melakukan Jig cast di laut yang tidak terlalu dalam, mungkin dengan kedalaman sekitar 5 hingga 15 meter. Untuk retrieve, joran ini terbukti cukup nyaman. dengan gagang handle yang panjang kami dapat menggenggam stick ini dengan cukup kokoh.

Karena kami menggunakan untuk jig cast, tentu harus melakukan casting yang sangat sering. Desain handle dengan split grip yang panjang ini agak menyusahkan. Tidak senyaman joran BC tentunya, namun masih bisa dimaklumi karena memang ini joran jigging.

Saat sedang fight, Daido Poseidon Turnament ini cukup mampu menahan redaman ikan. Tidak ada kesan was was karena kami melihat silinder joran ini cukup tebal, bukan sekelas Torzite yang ramping banget.

Kelebihan dan Kekurangan Daido Poseidon Turnament 

Dengan harga kisaran 250 hingga 350 ribu rupiah, Joran ini mampu tampil cukup garang dan memikat. Bahan utama carbon yang digunakan sudah mampu meyakinkan banyak pemancing. Corak corak warna yang cool, Reelseat dari Fuji, dan diameter rod yang cukup tebal menjadi beberapa kelebihan joran ini selain harganya yang murah.

Namun yang cukup kami kurang suka adalah pada bagian tabung carbon yang digunakan pada grip tambahan di dekat pengunci reel. Meskipun kami atau saya pribadi (penulis) adalah tipikal “carbon lovers”, namun bagian tersebut membuat kami berfikir bahwa Daido ikut ikut latah seperti beberapa produk kenzi yang Norak. Sesuatu yang seharusnya dapat meningkatkan nilai estetika justru menjadikan nilai minus (menurut kami).

Bagian Ferrule atau sambungan section juga kurang rapi menurut kami karena pada unit yang kami terima, lubang yang ada tidaklah sempurna pemasangannya, Miring. Untuk bahan Guide yang non fuji seperti yang sebelumnya telah disebutkan, kami tidak bisa menyebutnya sebagai kekurangan karena harga Joran ini cukup murah.



= = = = = = = = = =  Kontak Kami  = = = = = = = = = 
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =