Seorang pemegang hak paten memperoleh hak hukum membuat perlindungan inspirasi dan penemuan tehnologi perusahaannya. Sekali Anda mempunyai hak paten, perusahaan atau seseorang tidak dapat ambil faedah dari tehnologi dan inspirasi yang dilindungi hak paten itu tiada ijin Anda.

Cek merek Hak kekayaan cendekiawan mempunyai arti yang lebih luas, terhitung cek merek dagang membuat perlindungan nama dan simbol produk/service, dan hak design membuat perlindungan bentuknya.

Hak paten diberi untuk satu tehnologi baru atau inspirasi baru. Ada banyak sedikit ketidaksamaan pengertian hak paten di tiap negara. Walau bagaimanapun, tiap pengertian memiliki kandungan ide yang serupa, seperti “satu penemuan yang ada untuk manfaat industri.” .

Berikut persyaratan untuk memperoleh hak paten:

Kenapa cek merek penting di Hak Paten

Banyak startup dibangun untuk meningkatkan ‘sesuatu yang baru” atau tidak pernah ada awalnya. Bila satu inspirasi atau tehnologi betul-betul baru, itu yang membuat jadi hak kekayaan cendekiawan.

Bila Anda belum mempermanenkan inspirasi atau tehnologi Anda, seorang dapat memakai kekayaan cendekiawan itu tiada ijin Anda, dan inspirasi atau tehnologi Anda dapat dijiplak. Mengakibatkan, usaha Anda tidak akan mempunyai keuntungan bersaing dan kehilanhgan prospektif dari ongkos lisensi.

Dari pemikiran ini, terang begitu keutamaan hak paten membuat perlindungan satu produk atau inspirasi. Akhir-akhir ini, gugatan hukum pada hak paten makin bertambah, Salah satunya fakta trend ini ialah bertambahnya kecepatan penelitian dan peningkatan yang dikerjakan oleh bermacam perusahaan.

Industri tablet dan handphone mempunyai riwayat perang paten terbesar dan beberapa kasus yang berguling di pengadilan di antara Apple dan Samsung kerap kali jadi judul khusus.

Keuntungan Hak Paten

Keuntungan ke-2 , Hak paten memberikan keuntungan dalam exit atau bagiangan dana

Bila perusahaan Anda mempunyai hak paten yang bagus, ini akan punya pengaruh langsung pada penaksirannya. Anda bukan hanya dapat memakai hak paten dalam proses peningkatan produk, tapi Anda bisa juga memperoleh keuntungan dari jual lisensi. Menahan gugatan hukum dari pesaing akan mengirit waktu dan uang Anda.

Pemerolehan Motoral Mibility pada Mei 2012 oleh Google adalah contoh kenapa hak paten jadi penting. The Wall Street Journal mengeluarkan satu artikel dengan judul “Google-Motorola Its About the Patents” yang mengakui jika arah khusus dibalik pemerolehan Google atau Motorola untuk memperoleh hak paten yang dipunyai Motorola.

Di saat pemerolehan, Android dari Google sudah terima beberapa gugatan hukum dari perusahaan seperti Microsoft dan Apple. Google harus perkuat taktik hak paten mereka dengan beli Motorola. Kontrak ini bernilai US$12,5 M, dan memperlihatkan jika beberapa perusahaan besar juga siap mengambil kantong untuk beli hak paten.

Bila perusahaan Anda bermain di bagian tehnologi, mempunyai hak paten bisa menjadi bagus sekali untuk investor. Beberapa keputusan investor diambil karena hak paten, sebab mereka yakini jika investasinya akan aman dari plagiarisme ilegal. Satu startup dengan hak paten yang bagus akan tarik untuk beberapa venture capitalist terkait dengan kekuatan exit mereka.

Keuntungan ke-3 , membuat perlindungan produk Anda dari kompetitor

Bahkan juga, bila perusahaan Anda sediakan service untuk customer, feature yang tertancap dalam service itu perlu dipatenkan. Inspirasi service bisa juga diikuti secara legal oleh beberapa kompetitor, terkecuali bila telah dilindungi hak paten, Anda bisa terlepas dari plagiarisme oleh kompetitor dan inspirasi Anda dapat terus kuat.

Untuk menggambarkannya, berikut contoh dari Amazon. Bila Anda masukkan info kartu credit ke situs pembayaran Amazon, Anda dapat mengawali beli barang-barang dengan 1 click. Amazon memperoleh hak paten untuk feature ini. Paten ini hilangkan kewajiban masukkan info kartu credit secara berkali-kali hingga customer dapat beli lebih gampang di Amazon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *