Satui mulai lagi dengan rutinitasnya. Jika Musim Hujan Datang, Banjir Mengancam sejumlah desa di Kawasan Aliran Sungai Satui.

Mendung menghiasi langit Satui

Intensitas hujan yang terus meningkat akhir akhir ini mulai membuat khawatir. Bencana banjir yang kerap terjadi menyisakan kenangan pahit bagi sebagian warga satui.

Desa seperti Sungai Danau, Satui Timur, Sinar Bulan, Karantika, dan satui barat merupakan daerah yang paling sering terkena dampak banjir.

Banjir biasanya terjadi ketika terjadi hujan lebat berhari hari dan kondisi air laut yang pasang. Air yang mengalir di sungai Satui tidak dapat langsung menuju ke laut karena sedang pasang, sedangkan air kiriman dari gunung terus bertambah volumenya. Hal ini diperparah dengan rusaknya ekosistem di sekitar Satui karena penambangan, perkebunan sawit, dll.

Kepada warga Satui dan sekitarnya, diminta waspada dan siaga jika hujan lebat cukup lama, karena banjir bisa datang sewaktu waktu.

Warga desa di kawasan gunung seperti Tandui, Lukpadi, Bukit Baru, dst juga diminta untuk memberikan informasi jika di sungai volume airnya mulai bertambah dengan sangat cepat.

Leave a Reply