Jenis Ikan Air Laut Yang Bisa Dikonsumsi / Dimakan

Ikan di laut sangat beragam. Kali ini akan dibahas mengenai Jenis Ikan Air Laut Yang Bisa Dikonsumsi / Dimakan. Karena jenis ikan dilaut sangat banyak, maka yang ditampilkan adalah yang umum saja.
1. Ikan Kerapu/Kerapu Tikus

Ikan Kerapu/Kerapu Tikus

Ikan kerapu merupakan jenis ikan konsumsi laut yang biasa dijual agak mahal dari yang lain.
1 kilo harga ikan kerapu dapat mencapai 3 hingga 4 juta. Maka tak heran jika pengusaha peternakan ikan Indonesia mulai mengembangkan budidaya ikan kerapu.
Akan tetapi jangan tanya soal rasa daging ikan kerapu, karena memang memiliki ciri khas rasa yang sangat enak dan lezat. Ya, sebanding dengan harganya lah.
2. Ikan Tuna

Ikan Laut Konsumsi - Ikan Tuna

Salah satu ikan konsumsi yang berasal dari laut familiar hingga sekarang adalah ikan tuna.
Dagingnya yang berwarna merah membuat mudah dicari oleh orang asing. Jika sudah tumbuh dewasa, berat ikan tuna mencapai 350 kg.
Harga ikan tuna terbilang murah, mengapa demikian?
Ikan tuna beredar di beberapa restoran dijadikan sebagai menu lauk beraneka masakan. Diantaranya:

  1. Sayur kuah kuning ikan tuna
  2. Bakso ikan tuna
  3. Sup Ikan Tuna
  4. Balado tuna
  5. Sebagai ikan kering
  6. Tongseng tuna
  7. Hingga dijadikan sebagai bahan pembuatan roti.

3. Ikan Kerapu Macan
Ikan Kerapu Macan
Ikan laut konsumsi berikutnya adalah kerapu jenis macan. Ikan kerapu merupakan jenis ikan laut yang dapat hidup di air dangkal dengan panjang tubuh mencapai 2 meter.
Ciri-ciri ikan kerapu yakni bertubuh layaknya harimau atau macam dengan ditandai berupa bercak-bercak hitam yang berfungsi untuk menyamar ketika di dalam air.
Di masyarakat, kerapu macan merupakan yang populer diperjual belikan. Tepat di perairan indo-pasifik kerapu macan banyak ditemukan. Ikan ini jenis ikan laut penghuni terumbu karang serta ketika air laut mulai pasang surut.
4. Kerapu Sunu

Jenis Kerapu Sunu

Ciri-ciri ikan laut konsumsi kerapu sunu ini dapat tumbuh dewasa dengan ukuran badan 50 cm.
Pada umumnya kerapu sunu lebih suka mendiami dengan kedalaman dari 3 hingga 300 di atas permukaan air. Selain itu, kerapu sunu juga penghuni air laut berkarang.
5. Ikan Kakap Merah

Ikan Kakap Merah

Ikan kakap merah merupakan bagian dari ikan laut konsumsi dengan ciri tubuh berwarna merah.
Di Indonesia sudah tidak asing lagi jika kakap merah sudah berhasil dibudidayakan dan dijual dengan harga agak mahal karena memang djadikan sebagai ajang usaha ikan.
6. Ikan Baronang (Rabbitfish)

 

Ikan Laut Konsumsi - Ikan Baronang (Rabbitfish)

Nah, bagi sobat yang punya hobi mancing, ikan baronang merupakan jenis ikan incaran para pemancng mania.
Ikan laut penghuni air dangkal ini lebih suka makan rumput-rumputan. Ikan laut yang berasal dari perairan timur indo-pasifik spesies yang populer adalah baronang susu. Ikan baronang masih salah satu jenis ikan laut langka hingga saat ini.
7. Kakap Putih

Jenis Kakap Putih

Di Indonesia, kakap putih banyak ditemukan para nelayan dan pemancing. Kakap putih terkenal dengan sebutan barramundi yakni nama sebutan dari australia. Jika di Thailand terkenal dengan nama Pla Kapong.
Kakap putih inilah yang merupakan jenis ikan laut konsumsi yang sudah mengudara dibudidayakan khususnya di Indonesia.
Para pemancing mania pasti mengincar ini ketika memancing di muara muara sungai hingga tepi tepi laut yang masih dangkal.
8. Ikan Bandeng atau Milkfish

Ikan Bandeng atau Milkfish

Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan laut penghuni terumbu karang serta pesisir laut. Ini adalah salah satu tempat favorit ikan bandeng sekaligus mencari makan.
Setelah tumbuh dewasa sekitar 3 mingguan, biasanya ikan bandeng akan berenang mengikuti aliran air menuju danau dan juga rawa-rawa. Akan kembali lagi ke laut setelah tumbuh dewasa untuk berkembang-biak.
Namun para nelayan sebagian ada yang membuka usaha budidaya ikan bandeng untuk usaha dan bisnis. Selain mudah dan cepat tumbuh besar, peminat ikan ini lumayan banyak apalagi harganya murah.
9. Ikan GT (Giant Trevally)

Ikan Laut Konsumsi - Ikan Kuwe Gerong (Giant Trevally)

Ikan GT merupakan ikan yang termasuk sudah menyebar di perairan tropis Indonesia kita ini. Ikan ini sangat populer di kalangan pemancing sebagai ikan target utama.
Ikan ini dapat sobat ketahui dengan ciri-ciri yakni mempunyai warna sisik perak bervariasi kekuningan serta mempunyai bentuk dahi yang besar pula.
Ikan laut konsumsi ini lebih menyukai jenis perairan yang memiliki kandungan kadar garam yang rendah, dengan panjang sekitar 170 cm dan berat kisaran 80 kg.
10. Ikan Tongkol

Ikan tongkol sendiri untuk saat ini sangat populer oleh ibu-ibu. Indonesia pasifik bagian barat tempat terbanyak ditemukan ikan tongkol ini. Nama lain ikan tongkol seperti mackerel tuna, little tuna, false albacore, dan kawakawa.
11. Ikan Cakalang (Skipjack Tuna)

Ikan Cakalang (Skipjack Tuna)

Ikan laut konsumsi ini merupakan salah satu jenis ikan yang sudah ikut menyumbang devisa negara karena sudah di ekspor kemana-mana. Kandungan gizi yang sangat bagus dan menyehatkan buat tubuh kita merupakan salah satu alasan ikan ini sangat disukai. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan cakalang iniutamanya adalah protein hewani.
Jika sudah tumbuh dewasa, ikan laut cakalang memiliki panjang 1 meter dengan berat tubuhnya sekitar 18 kg. Sebab itulah hingga saat ini cakalang mampu bersaing di pasaran luas. Nama lain ikan cakalang seperti karamojo, kausa, turingan, kambojo, cakalan.
12. Ikan Teri

Ikan Teri

Jika tumbuh besar, ikan laut konsumsi teri ini dapat dewasa dengan panjang mencapai 5 cm saja.
Ciri-ciri ikan teri diantaranya memiliki bentuk mulut moncong dan gigi serba kecil-kecil. Tubuhnya dihiasi dengan warna kehijauan yang bervariasi perak biru.
Untuk makanan ikan laut konsumsi teri ini bisa berupa plankton (ikan bilis).
13. Ikan Kembung

Ikan Laut Konsumsi - Ikan Kembung

Apakah Anda hobi mancing? Kalau iya, pas banget dengan ikan konsumsi air laut ini. Mengaapa demikian?
Ikan kembung biasanya dicari oleh sebagian pemancing mania di laut untuk menemukan sasarannya yaitu sebagai umpan ikan cakalang.
Nama lain ikan kembung adalah tatare atau lema (bahasa ambon) bayara untuk sebutan makassar, jawa banyar.
14. Ikan Sarden

Ikan Sarden

Jika di masyarakat, ikan laut konsumsi ini sudah tidak asing lagi, selain itu terdapat juga kandungan minyaknya yang kemudian dibuat dan diolah lagi menjadi ikan instan sarden kalengan.
Sesuai namanya, ikan sarden banyak ditemukan di Sardinia, Mediterania. Hingga kini diketahui terdapat 21 spesies dan sudah terdaftar oleh WHO dan FAO.
15. Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri

Ciri-ciri ikan tenggiri memiliki ukuran panjang tubuh dapat mencapai 1 meteran. Salah jenis ikan laut yang lebih suka mendiami pesisir serta jenis ikan yang hidup bergerombol.
Jika sudah tumbuh besar panjang tubuhnya dapet mencapai kisaran 220 cm. Ikan kembung, tongkol, makarel, ikan madidihang, dan ikan tuna merupakan keluarga ikan tenggiri ini.
Kecerdasan masyarakat Indonesia, kini ikan tenggiri dapat diolah dengan berbagai aneka rasa, seperti kerupuk, siomay, amplang, dan lainnya.
16. Ikan Makarel (Mackerel)

Ikan Laut Konsumsi - Ikan Makarel (Mackerel)

Tanda dan ciri-ciri ikan makarel yakni memiliki tubuh berbentuk silinder yang bervariasi dengan warna keperakan.
Jenis ikan laut yang mengandung lemak omega-3 juga omega 6 yang lumayan tinggi adalah makarel ini.
Layaknya ikan tuna, sebagian masyaralat menyebutnya demikian. Akan tetapi lebih kecil ukuran tubuhnya.
Jangan heran lagi jika masuk supermarket, karena ikan makarel belakangan ini sudah diolah dan diperjual belikan dalam bentuk kalengan layaknya ikan sarden.
Beberapa olahan dari ikan makarel yang sudah menyebar luas adalah rica-rica, balado, serta masakan terkenal yaitu pepes.

17. Ikan Belanak

Ikan Laut Konsumsi - Ikan Belanak

Jika dilihat dengan cermat pastinya menyebutnya ikan bandeng. Namun, itulah ikan belanak yang sudah diperjual belikan dengan harga murah.
Iklim tropis dan subtropis merupakan tempat yang cocok buat ikan belanak hidup. Yang sudah pernah mencoba masak ikan belanak kalau dagingnya agak keras ketika digoreng.
Jenis masakan ikan belanak yang populer seperti pepes kemangi, bumbu bali, bumbu acar, dan masakan tim.
 

Demikian artikel kali ini. Karena banyaknya jenis ikan lain yang belum disebutkan, maka artikel ini akan kami lanjutkan lagi nanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *